Loading
BPS Rohil Gelar Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022

Rohil - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hilir menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten (Rakorkab) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), dengan tema: Mencatat untuk Membangun Negeri, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Acara ini diadakan pada Selasa, 20 September 2022 bertempat di Hotel Lion, Bagansiapiapi, Selasa (20/9/2022).

Kegiatan dihadiri Bupati yang diwakili Pj. Sekdakab Drs. H. Ferry H Parya, Kepala BPS Rokan Hilir Ir. Rozalinda, ME, Ketua DPRD Rokan Hilir Maston, para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemda Rokan Hilir, Perwakilan Forkopimda, para Camat dan Datuk Penghulu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta kalangan media massa.


Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, SIP pada sambutannya yang dibacakan oleh Pj. Sekdakab Drs. H. Ferry H Parya mengungkapkan atas nama pemkab Rokan Hilir sangat mengapresiasi kegiatan Rakorkab sebagai langkah awal pelaksanaan Regsosek dan menghimbau semua OPD, Camat, Datuk Penghulu/lurah hingga RT/RW dan semua pihak agar mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Dalam kesempatannya, Kepala BPS Kabupaten Rokan Hilir, Ir. Rozalinda, M.E. menjelaskan bahwa Regsosek merupakan kegiatan super prioritas nasional sebagai upaya pemerintah mewujudkan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Pendataan Regsosek dilakukan pada 15 Oktober – 14 November 2022 di seluruh wilayah Rokan Hilir dengan mendata seluruh keluarga tanpa terkecuali. Selain itu, beliau memaparkan bahwa Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) adalah sebuah program percepatan BPS yang tujuannya sebagai upaya peningkatan literasi dan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.


Selain Kepala BPS Kabupaten Rokan Hilir, kedua narasumber lainnya yang hadir adalah Benny Hartedi, S.E., Ak., M.Si. Kabid Perencanaan Pemerintah dan Pembangunan Manusia dari BAPPEDA Rohil dan Budi Syahrial, S.E., M.P. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir. Keduanya menyampaikan pentingnya data yang valid dan update agar pemberian bantuan tepat sasaran. Kegiatan ditutup dengan dukungan yang secara langsung disampaikan oleh seluruh forum yang hadir dalam Rakorkab agar Pendataan Awal Regsosek 2022 dapat berjalan dengan baik.

Tags: