Bagansiapiapi– Gawat.... hingga Jumat (23/4/2021) berdasarkan data laporan perilaku perjalanan, kontak erat, suspek konfirmasi Covid, sembuh dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Rohil Riau dari 20 Pukesmas dan 5 RS di Pekanbaru ada 1.596 orang warga Rohil positif terpapar covid 19.

Data dari Dinas Kesehatan Rohil yang di terima jumlah PP 31.160, kontak erat 5.034, jumlah suspek 22 dan probable 3 meninggal dunia 39 orang .

Dari data positif covid 19 sebanyak 1.596, positif covid yang masih di rawat 12 orang, positif covid 19 pulang dan sembuh 1.295, isolasi mandiri tempat khusus 0 dan isolasi mandiri  di rumah 250 orang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Rohil Ahmad Yusuf menyebut data terbaru Jumat (23/4/2021) dari rekap 20 Pukesmas di Rohil.

”Ini data terbaru Jumat (23/4/2021) termasuk data warga Rohil yang berobat di 5 Rumah Sakit di Pekanbaru , ” Ucap ahmad Yusuf.

Seperti tertera dalam data RS Aulia,RS Ibnu Sina,RSI Permata Hati,RS Prima dan RS.PMC Pekanbaru .

”Kita terus memperbarui data yang masuk,upaya kita tetap menghimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ” Ajak Ahmad Yusuf Plt Kepala Dinas Kesehatan Rohil ini.

Sementara di hari yang sama Tim Gabungan TNI,Polri,Satpol PP dari Tim  Gugus Tugas Covid 19 menggelar operasi Yustisi di Bagansiapiapi .

Petugas gabungan dipimpin Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH bersama Wadan Ramil 01/Bangko Kapten Inf Tayung menggelar operasi yustisi dipusatkan di depan gedung BPKAD Rohil di Jalan Merdeka Bagansiapiapi.

Saat operasi yustisi tejaring 48 orang pelanggar protokol kesehatan dan  mereka disidang di tempat dengan berbagai sangsi hukuman.

”Pelanggar protokol kesehatan yang terjaring di sidang di tempat, sanksi di tentukan dan di patuhi si pelanggar, Ucap Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH.

Meningkatnya grafik terpapar covid 19 di Rohil Plt Kepala Kantor Kemenag Rohil Drs.H.Sakolan Khalil MAg mengumpulkan seluruh Kepala KUA dan Camat  mensosialisasikan Surat Edaran Kementerian Agama RI Nomor : 21 Tahun 2021 tentang protokol kesehatan di tempat-tempat ibadah.

 ”Kami mendukung program Pemkab untuk itu meminta KUA,mubaliq menyampaikan pesan protokol kesehatan dalam stausyiah maupun khutbah, ” Sebut Plt Kepala Kantor Kemenag Rohil ini Sabtu (24/4/2021).