BAGANSIAPIAPI(9/4/21)- Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2021 melalui bidang statistik mentaja Kegiatan Penyelenggaraan Statistik sektoral dalam rangka Koordinasi dan Sinkronisasi pengumpulan, pengolahan, analisis desiminasi data statistik sektoral, yang dilaksanakan di Kantor Diskominfotiks lantai VII Kantor Bupati Rokan Hilir. (05/04)

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Iryan Cahyadi. M.BA selaku kepala bidang Statistik. Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari berturut -turut dengan mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) serta instansi vertikal yang berbeda setiap harinya yang bertujuan dalam penginputan data statistik.

Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) yang datang secara bergilir tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan agar memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19), diketahui bahwa yang hadir datang dari utusan semua OPD kabupaten  Rokan Hilir dan Instansi Vertikal seperti Polres Rohil, Kementerian Agama, Badan Pertanahan Nasional, dan Badan Pusat Stattistik.

Penyelenggaraan statistik sektoral merupakan amanat dari Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) untuk mencapai satu tujuan yaitu satu data Indonesia tingkat Kabupaten Rokan Hilir, baik secara Sumber Daya Manusia (SDM) dan Infrastruktur masing-masing OPD dilakukan secara Virtual maupun via komunikasi lainnya untuk bisa bersinergi dalam proses pengambilan data dan publish data.  Dilakukannya kegiatan satu data ini untuk transparansi kepada publik dalam penyediaan data pembangunan.

Kita selaku aparat  Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir wajib  bisa berkordinasi dan  berkonsultasi untuk merencanakan pelaksanaan yang berujung satu data Indonesia, dan membenahi data yang ada, karena tidak semua OPD pemberkasan datanya bagus.  Untuk itu saya berharap kerjasama setiap OPD dalam menginput data statistik sektoral yang diminta ke aplikasi yang sudah disediakan oleh Diskominfotiks ” Ujar Iryan Cahyadi selaku Kabid Statistik.

Sementara itu, Darmawati S.H selaku Kepala Seksi Statistik Sosial juga menambahkan bahwa Diskominfotiks Rokan Hilir ditunjuk sebagai Wali Data berdasarkan Peraturan Presiden nomor 39 Tahun 2019 yang berfungsi sebagai Pengumpul data, pengolah data serta melakukan diseminasi data dan Publish data. Tahap awal yang kita lakukan dalam kegiatan ini yaitu penyusunan Regulasi berupa Peraturan Bupati Rokan Hilir dan pengumpulan data oleh Produsen data melalui aplikasi ROhil Data (RODA) yang telah dibuat oleh tenaga IT Diskominfotiks Kabupaten Rokan Hilir.