Loading
Bersama CSR PT PHR, Disnaker Rohil Taja Pelatihan Komputer Aplikasi Perkantoran

Rokan Hilir – Mewakili Kadisnaker Rokan Hilir, Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas tenaga kerja kabupaten Rokan Hilir Joni, SE membuka secara resmi pelatihan komputer aplikasi perkantoran di lembaga pelatihan kerja (LPK) Azka Komputer kepenghuluan sungai mejo pusako kecamatan kubu Darussalam. Senin (17/5/22)

Pelatihan yg dimulai dari tanggal 17 Mei 2022 itu didanai oleh PT Pertamina Hulu Rokan melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang akan berlangsung selama 1 bulan, 26 hari kerja dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang.

Hadir pada Pembukaan pelatihan tersebut diantaranya Kadisnaker Rohil yg diwakilkan oleh Joni, SE, Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja, pejabat fungsional Bidang Pelatihan Kerja Amri, Perwakilan dari Camat Kubu Babussalam, Datin Penghulu Sungai Mejo Pusako juga dari Manajemen PT Pertamina Hulu Rokan.,

Disela acara pembukaan pelatihan komputer aplikasi perkantoran itu , Joni, SE mengatakan “program pelatihan masyarakat ini untuk menyiapkan tenaga kerja terlatih yang mampu bersaing didunia kerja, mampu menjadi wirausahawan baru, membuka lapangan pekerjaan sehingga mengurangi angka pengangguran di kabupaten Rokan Hilir sehingga nantinya akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Meskipun sambung Joni, kendala yang kerap dihadapi masyarakat ialah mendapatkan pelatihan kerja, karena keterbatasan dana untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Untuk menjawab tantangan itu, Joni mengatakan pemerintah Rokan Hilir berupaya agar masyarakat dapat meningkatkan keahliannya melalui berbagai pelatihan ketenaga kerjaan secara gratis.

“salah satunya, melalui Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja, Pemkab Rohil bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Rokan melalui dana CSR nya, dan kedepan akan melibatkan atau perusahaan perusahaan lainnya yang beroperasi di wilayah kabupaten Rokan Hilir ini.” kata Joni.

selanjutnya Joni menambahkan, akan bekerjasama dengan pemerintah kepenghuluan dengan dana Desanya untuk melaksanakan program pelatihan bagi masyarakat sekitar, sesuai MoU 3 menteri yaitu:

1.kementerian Ketenagakerjaan
2.Kementerian desa, pengembangan daerah tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT)
3. Kementerian koperasi dan UKM.

senada dengan Joni, pejabat fungsional Bidang Pelatihan Kerja, Amri mengatakan Disamping sumberdaya lainya seperti APBN yang dilaksanakan di Balai Balai Besar Pelatihan Kerja, di BLK dan LPK. sumber dananya Juga berasal dari dana APBD provinsi maupun APBD Kabupaten Rokan Hilir.

Tags: