PEKANBARU  - Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih tahap dua di Provinsi Riau akan dilaksanakan serentak pada 26 April mendatang.

Kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan dilantik serentak itu adalah Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, Bupati dan Wakil Bupati Rohil, dan Bupati dan Wakil Bupati Siak.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati tahap kedua di Provinsi Riau dilakukan secara serentak sesuai petunjuk Presiden Joko Widodo.

"Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati untuk di Provinsi Riau sudah ditetapkan, dan akan dilaksanakan pada tanggal 26 April mendatang secara serentak," kata Gubri, Senin (29/3/2021).

Jika Akhir Masa Jabatan (AMJ) kepala daerah berakhir sebelum pelantikan, seperti biasa Pemprov Riau akan menunjuk sekretaris daerah setempat sebagai pelaksana harian (Plh) bupati.

"Misalnya Bupati Pelalawan pak Harris mengakhiri masa tugasnya pada tanggal 21 April, namun tetap pelaksanaan pelantikan bupati terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 26 April," cakapnya.

Sedangkan pelantikan dua kepala daerah lainnya, yakni Bupati Indragiri Hulu dan Rokan Hulu menunggu Pemungutan Suara Ulang (PSU) sesuai keputusan MK.