Rokan Hilir- Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid19 yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Dar Aswaja Kecamatan Kubu Babussalam, Minggu (12/12/2021) sore.

Kedatangan bupati dan rombongan disambut langsung Pimpinan Ponpes Dar Aswaja Ustadz Usman Saufi MPd dan ratusan santrinya. Tampak hadir, Camat Kubu, Kuba, Kapolsek dan Danramil.

Hal ini dilakukan bupati guna memastikan agar target vaksinasi nasional 70 persen di Kabupaten Rohil bisa tercapai. Saat ini, dari Jumlah penduduk yang ada, Rohil masih harus melakukan vaksinasi sebanyak 120ribu vaksin lagi.

Dalam arahannya, Afrizal mengucapkan kepada Ponpes Dar Aswaja dan Ponpes lainnya yang ada di Rohil yang telah membantu pemerintah daerah melakukan vaksinasi kepada para santrinya.

Dijelaskan bupati, Vaksinasi ini sangat penting dilakukan agar seluruh masyarakat terbebas dari Covid19. Selain itu, jika sudah mencapai 70 persen, maka APBD Rohil tidak akan di recofusing 8 persen untuk penanganan Covid19.

"Tahun ini 62 Miliar anggaran kita di recofusing untuk penanganan Covid19, sementara infrastruktur jalan kita masih banyak yang rusak. Andaikan 62 Miliar untuk bangun jalan, tentunya sudah banyak yang bisa diperbaiki," paparnya.

Oleh sebab itu, Afrizal meminta kepada seluruh camat, penghulu, tokoh masyarakat, tokoh agama, pihak kepolisian dan TNI untuk bersama sama mengajak seluruh masyarakat Rohil agar bersedia divaksin sebelum tanggal 22 Desember 2021 ini untuk mencapai target 70 persen.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ponpes, Ust Usman Saufi MPd mengatakan, selaku Ketua Forum Ponpes se Rohil telah membicarakan hal ini agar seluruh Ponpes yang ada di Rohil segera melaksanakan vaksinasi terhadap santrinya masing-masing.

"Hari ini ada 250 orang santri kami yang divaksinasi, Alhamdulillah pihak wali santri sangat mendukung anaknya di vaksin," ungkap Usman

Dijelaskan Usman, kegiatan Vaksinasi ini sebagai bentuk dukungan Ponpes untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mensukseskan program vaksinasi. "Ini adalah sebagai usaha dan ikhtiar kami, hari ini Dar Aswaja membuktikan ikut berpartisipasi mendukung pemerintah," tandasnya.