Loading
Tanggap Cepat, Pemkab Rohil Beri Penjelasan Pengadaan Mobil Damkar Tidak Dibatalkan - Gunakan E-Katalog

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyampaikan penjelasan lengkap terkait proses pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) tahun 2022. Hal tersebut, menjawab pemberitaan yang diterbitkan media Sabangmeraukenews.com, Selasa 2 Agustus 2022 berjudul 'GP Ansor akan Galang Dana Pembelian Mobil Damkar untuk Pemkab Rohil: 2024 Ganti Bupati dan DPRD!'.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rohil, Indra Gunawan, SE menerangkan, proses tender pengadaan belanja modal kendaraan bermotor khusus mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 4000 liter telah dilaksanakan melalui e-katalog pada tanggal 31 Mei 2022. 

Indra Gunawan selaku Humas Pemkab Rohil menyatakan, tender cepat yang semula dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2022 lalu memang telah dibatalkan. Hal tersebut karena adanya perubahan pada metode pemilihan sistem pembelian yaitu menjadi sistem e-katalog LKPP.

Ia turut menjelaskan, pekerjaan pengadaan mobil damkar sedang dilaksanakan  oleh CV New Sentosa dengan kontrak nomor SP: 01/SP-SP4MRH/V/2022 tanggal SP: 31 Mei 2022 lalu.

Kasatpol PP Linmas Kabupaten Rokan Hilir H. Syanurizal, SE menegaskan, proses tender pengadaan mobil damkar tersebut sudah sesuai berdasarkan Perpres nomor 12 tahun 2021 yang dilaksanakan melalui e-katalog.

"Mobil damkar tidak dibatallan atau tidak jadi dibeli, hanya metode pembelian saja yang berubah. Kita tidak ingin meneruskan proses pembelian sebelumnya, karena sudah ada contoh kasus pengadaan mobil damkar yang menjerat PPK di daerah lain," untuk itu kita mengubah ke metode pembelian melalui E-Katalog. Tegasnya.

Syafnurizal juga menjelaskan, pelaksanaan komitmen atau kesanggupan pengadaan mobil damkar tersebut, saat ini sedang dilaksanakan oleh CV New Sentosa berdasarkan barang dalam e-katalog dengan spesifikasi sesuai dalam kontrak.

Kabag LPSE Setdakab Rohil, Andri turut menegaskan, pengadaan barang jasa pemerintah tidak terlepas dari pengelolaan layanan pengadaan barang/ jasa secara elektronik.

"Semua harus terkoneksi dan memiliki legalitas yang jelas serta sesuai regulasi yang ada," katanya.

Dengan begitu, Ia mengharapkan kerja sama media massa untuk melakukan konfirmasi kepada LPSE dan pokja lelang jika terdapat informasi yang berkaitan dengan sistem tender sehingga tidak menimbulkan rumor negatif yang memiliki dampak terhadap kepercayaan sektor jasa pengadaan dan kontruksi.

Perlu di informasikan  bahwa media online Sabangmeraukenews.com tersebut juga telah meluruskan pemberitaan yang berjudul  'GP Ansor akan Galang Dana Pembelian Mobil Damkar untuk Pemkab Rohil: 2024 Ganti Bupati dan DPRD!'. Dengan kembali menerbitkan berita yang berjudul “Penjelasan Lengkap Pemkab Rohil Soal Pengadaan Mobil Pemadam Kebakaran: Tidak Batal, Tapi Gunakan E-Katalog.

Tags: